Biografi Aleix Espargaro

                         


Biodata


Nama lengkap : Aleix Espargaro

Tempat & tanggal lahir : Granollers Spanyol 30 Juli 1989

Tinggi Badan : 180 cm

Warga negara : Spanyol

Tim : Aprilia Gresini

No : 41

Biografi


Baru pada tahun 2005, Aleix bisa membalap penuh selama satu musim dan langsung mengemas posisi 16 di akhir balapan lengkap dengan gelar rookie of the year saat itu. Selama tiga musim Espargaro berkiprah di kelas 125cc bersama tim yang sama yaitu, Honda. Pada tahun 2006 Ia kemudian hijrah ke Moto2 dan masih dalam naungan pabrikan honda. Selanjutnya selama tiga musim berturut-turut Ia membalap untuk tim Aprilia. Meski belum pernah meraih podium, namun kredibilitas Aleix sebagai pembalap berpengalaman mendapat sorotan dari tim Pramac Ducati di kelas premier. Pada tahun 2009 Ia kemudian naik di kelas MotoGP bersama tim satelit Ducati tersebut. Perjalanan karir Aleix sempat mengalami penurunan tatkala dirinya harus kembali mengaspal di kelas Moto2 pada musim 2011. Bersama tim Pons Kalex, Aleix berhasil meraih podium perdananya di atas lintasan Catalunya.

Musim berikutnya rider kelahiran 1989 ini kembali lagi ke lintasan MotoGP digandeng tim Aspar Ducati. Selama dua musim membalap bersama Aspar Racing Team, namun Aleix masih tetap nihil akan kontribusi podium.Pada tahun 2011, Aleix Espargaro berpindah haluan dari Ducati ke Yamaha. Di bawah payung tim Forward Yamaha, Aleix berhasil meraih podium dua di Aragon dan mengakhiri musim di peringkat tujuh. Bersama Forward, Aleix membukukan karir terbaiknya sejak tahun 2004 melahap lintasan di ajang grand prix.

Karir


Pada tahun 2006 , Espagaro pindah ke kelas 250cc, pada saat pertengahan musim balapan , dari kelas 125cc . Setelah Sebastian Porto mengakhiri karirnya , Martin Cardenas diganti Porto , dan Aleix mengambil tempat Cardenas. Espargaro mengendarai Aprilia pada 2007 di German Grand Prix . Untuk tahun 2009 , Espagaro ditawari kesepakatan dengan Italia tim Campetella Racing tapi mereka mundur , meninggalkan Espargaro tapi tidak naik secara permanen, tetapi memiliki dua penampilan pengganti di Assen dan Sachsenring untuk Tim Balatonring . Ia juga bertindak sebagai pengembangan pembalap di Moto2 .Pada tanggal 19 Agustus 2009, diumumkan Espargaró akan berlomba untuk Pramac Racing di MotoGP di Indianapolis dan Misano . Ia menggantikan Mika Kallio , yang pada gilirannya menggantikan Casey Stoner di tim Ducati

Pada tanggal 6 Oktober 2009, Espargaro menandatangani kesepakatan dengan Pramac Ducati untuk balapan di ajang MotoGP 2010 .Ia menggantikan Niccolo Canepa dalam tim . Dia juga menggantikan Canepa yangmendapatkan cedera selama dua balapan terakhir musim 2009 di Sepang dan Valencia . Setelah setahun kembali di Moto2 tahun 2011 , Espargaro kembali ke kelas MotoGP , dan merupakan yang tertinggi ditempatkan CRT pembalap untuk musim 2012 .

Karir Balap


Tahun

Kelas Motor Tim Posisi

2004 : 125cc Honda - -

2005 : 125cc Honda - ke-16

2006 : 125cc Honda - -

2006 : 250cc Honda - ke-19

2007 : 250cc Aprilia - ke-15

2008 : 250cc Aprilia - ke-12

2009 : 250cc Aprilia - ke-20

2009 : MotoGP Ducati Pramac Racing ke-18

2010 : MotoGP Ducati - ke-14

2011 : Moto2 Pons Kalex - ke-12

2012 : MotoGP ART Power Electronics Aspar

Referensi

http://infooktomotif.blogspot.com/2016/02/biodata-profil-aleix-espargaro.html


0 Comments

Post a Comment