Biografi Ivan Gunawan



Ivan Gunawan adalah seorang desainer ternama dari Indonesia. Nama aslinya adalah Ivan Gunawan Putra. Lahir di Jakarta pada tanggal 31 Desember tahun 1981. Dia adalah anak ketiga dari Ayahnya bernama Bambang Cahyo Gunawan dan sang ibu yang bernama Erna Gunawan. Kedua kakaknya adalah Eman Sadiani dan Indra Gunawan. Seluruh anggota keluarga yang memiliki darah Jawa, Belanda dan Tiong Hoa ini memang berperawakan tinggi besar. Pamannya yang bernama Adjie Notonegoro juga adalah seorang desainer terkenal.

Kehidupan Ivan Gunawan kecil cukup sederhana. Ayahnya bekerja sebagai diplomat. Saat belum memiliki rumah sendiri mereka tinggal di sebuah tempat tinggal yang juga sekaligus sebagai toko. Ketika memasuki usia sekolah, keluarga Ivan pindah ke Singapura. Di sana terdapat sebuah sekolah Indonesia, jadi memang orang-orang yang bersekolah di situ berasal dari Indonesia. Sehingga tidak ada masalah dalam hal berkomunikasi. Desainer beken ini juga pernah tidak naik kelas saat duduk di bangku SD. ini karena dia malas belajar. Dulu dia pernah ikut dalam tim bola voli. Tubuh Ivan yang besar dan tinggi menjadi nilai positif bagi kemenangan timnya. Saat tinggal di Moskow, Ivan dilatih untuk hidup sendiri karena orangtuanya tinggal di Kiev-Ukraina. Pengalaman hidup seorang diri membuatnya menjadi lebih dewasa.


Ivan sudah mempunyai minat terhadap fashion ketika masih kecil. Ketertarikannya ini membawanya untuk belajar dan lebih mendalami dunia desain. Kegigihan dan ketekunannya akhirnya berhasil membawa namanya menjadi seorang desainer terkenal. Selain desainer ternyata dia juga mempunyai talenta lain yang bisa mendatangkan keuntungan. Di antaranya dia pernah menjadi pembawa acara di beberapa stasiun TV, dia juga pernah berperan dalam film layar lebar, menjadi juri di beberapa acara televisi. Tentunya dalam hal ini Igun (begitu Ivan sering disapa) diminta untuk berkomentar, memberi saran dan kritik mengenai busana yang dipakai oleh setiap kontestan, mulai dari baju, sepatu, sampai make up. Sifat humoris yang dimilikinya membuat Ivan memiliki banyak penggemar. Bahkan Ivan Gunawan juga pernah membuat video klip bersama sahabatnya, Ruben onsu.

Sebagai desainer terkenal di Indonesia, dia berniat untuk selalu membuat hasil karya dan ditunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Atas kerja kerasnya selama ini, sekarang dia sudah memiliki tiga label untuk hasil desain busananya. label yang pertama diberi nama Ivan Gunawan. Label ini dikhususkan untuk desain-desainnya yang paling utama. Kemudian, untuk hasil rancangan bagian kedua diberi nama "IG-Ivan Gunawan". Yang terakhir adalah busana-busana pernikahan yang diberi label "Love".

Untuk membuktikan eksistensinya sebagai perancang busana, Ivan rajin mengadakan peragaan busana. Sebut saja peragaan busana yang diberi tema Amazing sparkling, peragaan untuk busana siap pakai, copacabana, serta mysterious regal. Masih banyak peragaan busana yang pernah dibuat olehnya. Jakarta Fashion Week adalah salah satu acara yang selalu diminati oleh Igun. Sudah empat tahun dia selalu mgnikuti ajang ini untuk menunjukkan kualitas rancangan yang dimilikinya.

Salah satu karyanya di Jakarta Fashion Week yang menarik adalah Mysterious Regal. Di sini Igun mencoba untuk menyatukan keindahan seorang wanita dari dua sudut pandang yang berbeda. Di satu sudut, kita semua sudah tahu bahwa wanita adalah sosok yang indah, cantik dan menarik. Dari sudut lainnya, wanita menyembunyikan sesuatu yang tidak mudah untuk dimengerti. Kedua pandangan tersebut disatukan melalui busana berwarna hitam yang menunjukkan kesan seksi dan menawan.

Referensi

http://saraigaayusari.blogspot.com/2013/04/profil-ivan-gunawan.html

0 Comments

Post a Comment