Biografi Tulus




Biodata


Nama Lengkap : Muhammad Tulus
Tempat Tanggal Lahir : Bukit Tinggi, 20 Agustus 1987
Jenis Musik : Pop Melayu, Pop Jazz
Pekerjaan : Penyanyi, Arsitek
Agama : Islam
Situs Web : www.situstulus.com
Instagram : tulusm


Biografi


Muhammad Tulus yang biasa dikenal dengan Tulus adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu yang lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat berkebangsaan Indonesia dan berdomisili di Bandung. Tulus lahir pada 20 Agustus 1987 yang sekarang berumur 30 tahun.


Tulus mulai bernyanyi sejak ia kecil. Tulus mulai dikenal ketika dia sering bernyanyi di acara-acara komunitas club jazz dan kampus-kampus di kota Bandung. Semasa kuliahnya dia pernah bergabung dalam Sikuai Band.

Album perdananya diproduseri oleh Ari ‘Aru’ Renaldi yang didistribusikan oleh Demajors dan dirilis perusahaan rekamannya sendiri, TULUS Co. pada 28 September 2011. Ia menciptakan seluruh lagu dalam album tersebut. Selain itu ia juga bertindak sebagai composer sekaligus koproduser, sedangkan kakak kandungnya Riri Muktamar merupakan produser eksekutif. Lagu-lagu dalam album tersebut pun sukses merajai chart-chart di radio-radio seluruh Indonesia. Bersama kakaknya, Riri Muktamar, ia menjalankan sebuah perusahaan label musik Independen bernama TULUS Co. ditahun 2010.
Untuk memuaskan para penggemarnya, Tulus sering mengadakan konser tunggal. Konser pertamanya diadakan di Auditorium Centre Culturel Francais (sekarang IFI) Bandung yang bertajuk ‘TULUS: An Introduction’ pada 28 September 2011. Pada pergelaran Jakarta International Java Jazz Festival 2013 di Jakarta, ia menjadi penyanyi pendatang baru yang paling diminati. Ia juga tampil berkolaborasi dengan Raisa dalam lagu Teman Hidup dan A Whole New World,

Pada bulan Mei 2015 lalu, tepatnya pada tanggal 20-21 Mei 2015, TULUS tampil di salah satu festival musik internasional Asia-Pasifik di Singapura yang bertajuk Music Matters Live 2015. Tidak tanggung-tanggung, TULUS tampil di tiga tempat berbeda selama dua hari berturut-turut, yaitu: pada 20 Mei 2015 di Timbre Music Academy, 21 Mei 2015 di konferensi Music Matters, Ritz Carlton, dan 21 Mei 2015 di Barber Shop by Timbre, Singapura.
Tulus juga pernah mengisi sebuah acara amal di Friedrich-Ebert Halle, Hamburg, Jerman, yang diadakan oleh mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPI Jerman bertajuk “Sound of Indonesia 2013” pada Oktober 2013. Tepat ditanggal 20-21 Mei 2015, Ia tampil di salah satu festival musik internasional Asia-Pasifik di Singapura yang bertajuk Music Matters Live 2015

Sebagai Pengisi Acara Selama Tahun 2014


Acara Kesultanan Brunei Darussalam
Java Jazz International Festival
One Million Dream Concert
TULUS and Raisa Musical Drama
Glenn Fredly Solo Konser
Rolling Stone Indonesia Magazine Anniversary
Netmedia Anniversary
Anugerah Musik Indonesia Awards
Anugrah Planet Muzik
Java Soundsfair Festival
The 6th International Kampoeng Jazz
Sky Avenue

Indonesia Tatler Ball


Erwin Gutawa Orchestra Concert “Tribute to Guruh Sukarnoputra”
New Year Eve Celebration di Mall Of Indonesia
Music Matters di Singapura
Sebagai pengisi acara selama tahun 2015
Rendesous Night care for Lupus
RoadShow East Borneo bersama Kunto Aji
5th Indonesia Hijab Fest
NET 2.0 Anniversary
Bend The Rules Intimate Concert bersama HP
Jazz Gunung
Jakarta Fair
The 20th Anniversary of Wardah
HUT SCTV ke-25
Album yang dirilis
Tulus (2011): Ekletik/Jazzy Pop
Gajah (2014): Ekletik/Melayu & Jazzy Pop
Lagu yang dirilis
Pamit (2016)

Penghargaan yang Diraih


Rolling Stone Editors’ Choice Awards 2013 kategori Rookie Of The Year
NET. ONE Indonesian Choice Awards 2014 kategori Male Singer of The Year
Anugerah Planet Muzik Singapore 2014 kategori Artis Lelaki Baru Terbaik
HAI Magazine 2014 kategori Best Pop, Best Male Singer, Best Album, Artist of The Year
HAI Magazine 2015 kategori Best Male Singer
Majalah Tempo 2014 kategori One of Best Top 9 Indonesia Music Album
Dahsyatnya Awards 2014 kategori Video Klip Terdahsyat
Dahsyat Award 2015 kategori Video Klip Terdahsyat lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya
Anugerah Musik Indonesia 2015 kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya, Pencipta Lagu Pop Terbaik, Album Pop Terbaik (Gajah), Album Terbaik Terbaik (Gajah), Karya Produksi Terbaik Terbaik (Jangan Cintai Aku Apa Adanya)
Anugerah Planet Muzik 2015 kategori The Best Collaboration (Song)
Iklan yang dibintangi
Listerine
Gudang Garam Surya (bersama RAN)
U Mild (bersama RAN)
Surya Exclusive (bersama RAN)
Surya PRO Mild (bersama RAN)
Molto (bersama Sherina Munaf tahun 2016)

Inilah 5 Fakta dan Kehebatan Seorang Tulus
Penasaran?


Tulus mengaku sempat minder memiliki tubuh bongsor. Penyanyi dengan tinggi 186 sentimeter dan selalu mengenakan pakaian ukuran XXL ini, tak jarang berubah menjadi pribadi tertutup. Namun, ia tutupi semua itu dengan menghasilkan karya-karya lagu yang bagus, yang pada akhirnya membuat dia terus diingat banyak orang saat ini.

Tulus mempunyai kepekaan tinggi pada musik padahal dirinya tidak pernah kursus instrumen musik dan kursus vokal. Talenta musik diperolehnya karena ia banyak mendengarkan lagu dan ia mempunyai kegemaran corat coret menulis di kertas hingga menjadi sebuah lagu. Setiap kali selesai satu lagu Tulus akan menemui orang untuk meminta tolong memainkan gitar atau piano.

Sejak kecil Tulus hobi mengoleksi kaset dari hasil uang jajannya yang ia simpan, setiap akhir minggu ia gunakan waktu untuk membeli kaset. Tulus memburu kaset kesukaannya sebagai kecintaannya terhadap dunia musik yang sudah ia miliki sejak masih kecil.

Pada saat acara peluncuran albumnya yang digelar di Centre Culturel Francaise di Bandung, Tulus sempat tak yakin ada orang yang mau datang menontonnya. Ternyata tiket yang terjual sebanyak 350, ludes. Ia sempat berpikir mungkin hanya akan ada 5 atau 10 orang yang datang tapi tak disangka yang datang hingga ratusan. Tulus mengatakan betapa enaknya bisa mendapatkan uang dari hal yang kita senangi dan itu adalah strata tertinggi karier impian menurutnya.
Ternyata album perdananya Tulus, dirilis oleh perusahaan rekamannya sendiri yaitu Tulus Record ditahun 2011. Dia sendiri beserta kakak kandungnya yang bernama Riri Muktamar Rusydi bertindak sebagai produser eksekutif. Luar biasa lagu-lagunya seperti Sewindu, Teman Hidup, Kisah Sebentar, Tuan Nona Kesepian, dan Jatuh Cinta, merajai chart-chart radio-radio di seluruh Indonesia.

0 Comments

Post a Comment