Biografi Lee Donghae




Biodata


Nama asli : Lee Donghae

Nama panggilan : Donghae

Nama (cina) : Dong Hai

Nama (barat) : Aiden Lee

Tanggal Lahir : 15 oktober, 1986

Tempat Lahir : Jeolla, Mokpo, Korea Selatan

Tinggi : 175 cm

Berat : 62 kg

Gol. darah : A

Sub Group : Super Junior M

Pendidikan : Universitas Myongji

Twitter : @donghae861015

Biografi


Pria yang memiliki senyum manis dan mata yang teduh ini lahir di kota kecil Mokpo 15 Oktober 1986. Oppa anak bungsu dari dua bersaudara. Kakaknya bernama Lee Dong Hwa. Oppa di manja oleh keluarganya makanya saat bergabung dengan Super Junior pun suka sekali bermanja – manja dengan member lain, bahkan terhadap Kyuhyun yang merupakan maknae. Oppa saat kecil termasuk anak yang nakal. Oppa sekolah di Seoul Digitech High School. Waktu SD Oppa suka olahraga terutama sepak bola dan renang, makanya selama 1 tahun Oppa memperdalam olahraga tersebut dan bercita – cita sebagai seorang atlet. Saat SD Oppa termasuk anak yang sangat tinggi, tetapi saat remaja sepertinya pertumbuhan badannya terhenti makanya Oppa tidak suka dikatakan pendek dan akan mencari cara meninggikan badan di internet. Oppa memelihara dua ekor anjing yang bernama Bada dan Meo yang tinggal di rumahnya di Mokpo, menurutnya mereka itu sangat tampan.

Karena keinginan ayahnya sebagai seorang penyanyi yang tidak tercapai akhirnya Oppa mulai belajar musik dan bernyanyi, sampai akhirnya Oppa mengikuti audisi yang diadakan oleh SM Entertainment pada tahun 2001. Saat masih menjadi trainee di SME Oppa dekat dengan Yunho TVXQ.

Sejak menjadi trainee Oppa satu kamar dengan Sungmin, tapi karena tidak suka dengan kebiasaan Sungmin Oppa yang senang dengan barang – barang berwarna pink akhirnya Oppa pindah ke kamar Leeteuk. Oppa selalu memakai gelang tiffany pemberian ibunya. Sebelum debut Oppa takut naik pesawat terbang. Oppa juga takut dengan suara dengkuran Shindong. Oppa member yang tidak suka merokok dan minum – muniman keras. Oppa juga termasuk salah satu member yang suka tampil (narsis) dilihat dari banyak self camera yang di unggah di twitternya. Di Super Junior Oppa termasuk dalam Lead Dance karena kemampuan menari yang bagus dan terkadang Oppa juga mendapat bagian rap. Selain menari dan rap Oppa juga pandai menciptakan lagu, diantaranya Just Like Now (ost.It’s ok daddy daughter), Y, dan lagu tema Reality Show Strong Heart. Oppa mahir bermain piano

Oppa kehilangan ayahnya pada awal debut dengan Super Junior yaitu pada 8 Agustus 2006 dan membuat Oppa terpukul, tetapi Oppa tetap tegar dan kembali melanjutkan aktivitas dengan Super Junior dengan ceria.

Oppa juga termasuk pemeluk Kristen yang taat sama seperti Siwon, terlihat dari tweet Oppa untuk Michael (orang Taiwan yang Oppa dan Siwon temui disana). Oppa sangat perhatian terhadap orang – orang di dekatnya bahkan terhadap fans sekalipun, seperti kejadian fansnya yang memerlukan kartu untuk donor darah.

Sahabat dekat di Super Junior yaitu Eunhyuk, walaupun Oppa memang dekat dengan semua member tapi Eunhyuk yang paling dekat bahkan disebut Eunhae couple. Oppa suka strawberry, jeruk, pear dan kiwi. Makanan favoritnya yaitu seafood dan chicken doritang, kimchi dan cookies poka poka chips. Minum favoritnya susu dan Oppa tidak suka makanan yang manis – manis. Oppa takut dengan hantu, jadi saat tidur lampu kamar tidak pernah dimatikan. Oppa bingung mengapa namanya Donghae. Oppa tidak suka sendirian, jadi Oppa selalu minta ditemani bahkan saat makan. Oppa pernah merusak keyboard milik Ryeowook. Kemampuan akting Oppa juga bagus terbukti dengan bermain di drama It’s ok daddy daughter dan Skip Beat serta film dengan member Super Junior yang lain di Attack by Pin up Boys dan menjadi model video klip BoA, SNSD, Ariel Lin. Oppa sangat suka dengan anak – anak, cita – citanya yaitu menjadi ayah yang baik.

Suka sekali menonton drama, aktris favoritnya Song Hye Gyo. Makanya Oppa termasuk pria yang romantis, jika bertemu dengan wanita idamannya Oppa akan menyalakan 100-150 lillin dan menggelar karpet merah. Oppa akan berusaha untuk mendapatkannya. Kyuhyun berbicara Oppa akan menjadi seorang pacar yang baik dan perhatian tetapi tidak untuk menjadi seorang suami, maksudnya karena Oppa terlalu baik jadi mudah tertipu. Oppa juga termasuk dalam sub grup Super Junior M bersama dengan Kyuhyun, Siwon, Hangeng, Ryeowook, Henry dan Zhoumi, tapi sekarang dengan formasi baru yaitu Oppa, Siwon, Kyuhyun, Ryeowook, Henry, Zhoumi, Sungmin dan Eunhyuk. Oppa akan berjanji akan membuat bangga ayahnya yang telah tiada dan kini semua itu sudah terwujud dengan di buktikan Super Junior meraih berbagai prestasi bukan hanya di Korea, Asia bahkan di dunia dan semakin terkenal di belahan bumi manapun. Itu semua karena kerja keras semua member yang ingin mewujudkan impian mereka untuk menjadi bintang besar yang bersinar di seluruh dunia, 6 tahun sudah Oppa bersama SUPER JUNIOR dan menghasilkan 5 album dan pencapaian tersebut didapat walaupun dengan pengorbanan keringat, air mata bahkan sakit fisik mulai dari saat menjadi trainee pada usia yang sangat muda jauh dari orangtua, dan menjalani kontrak selama 13 tahun, semuanya dilakukan demi mencapai impian menjadi penyanyi hingga pada akhirnya sekarang SUPER JUNIOR menggema dimana-mana, meskipun akan memasuki wajib militer dan vakum selama 7 tahun, namun Oppa bersama SUPER JUNIOR akan terus berkarya untuk ELF tanpa batas waktu.

Fakta :

01. Nama lengkapnya Lee Donghae.

02. Lahir pada tanggal 15 Oktober 1986 di Mokpo, Korea Selatan.

03. Nama Inggrisnya Aiden Lee, tentu Donghae yang menamai dirinya sendiri sementara nama Mandarinnya adalah Dong Hai.

04. Arti dari nama Donghae adalah East Sea atau Laut Timur.

05. Donghae tergabung dalam subgrup Super Junior M.

06. Donghae mempunyai seorang kakak laki-laki bernama Lee Donghwa yang wajahnya sangat mirip dengannya.

07. Donghae sangat dekat dengan Eunhyuk sehingga ia menyebut dirinya dengan Eunhyuk sebagi EunHae. Namun karena takut Siwon marah maka ia menggantinya menjadi EunSiHae.

08. Donghae dijuluki Fishy karena Donghae sangat piawai dalam berenang. Donghae juga dijuluki "Pinocchio" oleh Heechul.

09., Donghae sangat takut dengan makhluk halus/hantu, oleh karena itu Donghae tidak pernah mau mematikan lampunya saat tidur.

10. Tempat andalan Donghae untuk menyimpan uang adalah di dispenser.

11. Sebelum debut, Donghae paling takut naik pesawat terbang. Oleh karena itu sewaktu SMA , ia tidak pernah ikut perjalanan sekolah.

12. Donghae sangat menyukai anak anjing. Donghae mempunyai seekor anak anjing maltese bernama Bada. Malah dulu waktu ia kecil, ia berniat menamai anaknya Bada.

13. Donghae juga mempunyai seekor anak anjing yang lucu selain Bada yang bernama Meo, nama Meo sendiri merupakan kependekan dari Romeo.

14. Username twitter Donghae adalah @Donghae861015.

15. Donghae dan Sungmin sudah tidak sekamar lagi karena Donghae sangat benci dengan warna pink, sementara hampir seluruh barang Sungmin berwarna pink.

16. Saat Kibum datang ke Korea, Donghae adalah orang pertama yang menyambut dan memeluk Kibum.

17. Donghae sangat suka dipeluk.

18. Donghae sangat suka jika ada yang memanggilnya "Prince".

19. Saat menyanyikan lagu "U", Donghae merasa semua member melihatnya seperti binatang buas.

20. Donghae memiliki kebiasaan tidur larut malam yang berakibat buruk bagi kesehatannya.

21. Saat memdapatkan award pertamanya bersama Super Junior, yang pertama kali ia ucapkan adalah "Father, I hope you're healthy."

22. Donghae berpisah dengan keluarganya untuk mengikuti trainee selama 6 tahun, namun saat ia kembali membawa gaji pertmanya, ayahnya sudah meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya.

23. Kepergian ayahnya membuat Donghae sangat bersedih, sejak saat itu Donghae menjadi sangat dekat dengan kakaknya, Lee Donghwa.

24. Saat Super Show 1, Donghae menyanyikan lagu My Everything milik 98 Degrees. Donghae mempersembahkan lagu tersebut untuk ayahnya.

25. Sevelum ayah Donghae meninggal, ia menitipkan anaknya kepada Leeteuk. Itulah sebabynya mengapa Leeteuk sangat menyayangi Donghae.

26. Kata-kata yang sering diucapkan oleh Donghae adalah "Stay healthy" karena ayahnya berpesan agar Donghae selalu sehat.

27. Jika diberi mesin waktu, Donghae ingin kembali ke waktu dimana ayahnya masih hidup.

28. Donghae selalu menangis jika sedang berbicara tentang ayahnya, Donghae juga sering menangis jika sedang menelpon keluarganya.

29. Donghae ingin pergi ke Amerika, Australia dan Kanada.

30. Donghae suka dengan semua musim. Donghae berharap musim dapat berubah setiap harinya.

31. Saat berumur 4 tahun, setiap harinya setelah pulang sekolah, Donghae selalu memencet-mencet bel para tetangganya dan berlari sebelum tertangkap.

32. Saat kelas 3 SD, Donghae dihukum di ruang guru karena gurunya mengira Donghae mengambil buku absen.

33. Donghae sangat membenci rokok dan minuman keras.

34. Donghae paling tidak suka makan sendirian. Donghae tidak akan mau makan jika ia sendirian. Oleh karena itu, Donghae selalu menunggu member lain menyelesaikan kegiatannya setelah itu baru makan bersama dengannya.

35. Eunhyuk berkata "Jika kau tidak mau mati muda, jangan biarkan Donghae yang menyetir."

36. Donghae takut dengan suara dengkuran Shindong.

37. Shindong suka sebal dengan Donghae karena Donghae suka meminjan bajunya dan bukan untuk dipakai, tetapi untuk dijadikan selimut.

38. Donghae suka membangunkan member lain dengan cara mencubiti pantat mereka. Berbeda dengan Eunhyuk, Donghae akan membangunkannya dengan cara memeluknya di tempat tidur sampai Eunhyuk bangun. Namun jika Eunhyuk tidak bangun, ia akan ikut tidur bersama dengan Eunhyuk.

39. Sewaktu kecil Donghae senang bermain dengan teman-temannya. Setelah membagi team, setiap team yang terdapat Donghae di dalamnya pasti selalu kalah dalam setiap permainan.

40. Ryeowook pernah marah dengan Donghae karena Donghae pernah merusak komputer Ryeowook yang berakibat semua lagu yang dikarang dan disimpan Ryeowook di komputer tersebut hilang.

41. Saat Super Show 2, Donghae menyanyikan lagu "Beautiful." Dalam menyanyikan lagu tersebut, Donghae juga sambil menari dan ditemani oleh Eunhyuk.

42. Baru-baru ini Donghae mengeluarkan single "Oppa Has Arrived" bersama Eunhyuk. Single tersebut juga dibwakan oleh mereka di Super Show 4.

43. Donghae merupakan member Super Junior yang mudah menangis selain Eunhyuk dan Ryeowook.

44. Donghae selalu memakai silver bracelet pemberian ibunya yang tidak pernah ia lepas sampai sekarang.

45. Jika ada yang berkata kepada Donghae bahwa ia pendek, Donghae akan cepat-cepat online mencari cara untuk menambah tinggi badan dan meminum susu sebanyak-banyaknya.

46. Jika Donghae sudah mempunyai pacar, ia ingin mengajak pacarnya pergi ke tempat kelahirannya, Mokpo.

47. Donghae sanagt suka memakai topi. Ia akan memakai topi saat tidur, mencuci muka, dan menggosok gigi.

48. Donghae ingin menikah saat ia berumur 32 tahun atau saat ia melihat polaris.

49. Bagi Donghae member Super Junior yang paling tampan adalah Heechul.

50. Ketika Donghae berumur 21 tahun, Donghae berencana menamai anaknya "Lee Tian Kong (Lee Sky)", "Lee Hai Yan (Lee Ocean)", dan "Lee Yun Duo (Lee Cloud)"

51. Kyuhyun (maknae Super Junior) berkata "Aku sangat tersanjung dengan Donghae hyung, tapi saat aku bersamanya, aku merasa seperti hyungnya."

52. Artis favorit Donghae adalah Song Hye Gyo. Donghae selalu menonton dramanya berulang-ulang. Ketika Heechul mengganti channelnya, ia akan berteriak "Hey, Kim Heechul!" kemudain menggantinya lagi ke drama tadi.

53. Donghae bermain di drama "It's Okay Daddy's Daughter" bersama dengan Minhyuk CN Blue. Donghae juga bermain di drama Taiwan Skip Beat bersama Siwon.

54. Donghae berduet dengan Ryeowook untuk soundtrack dari drama "It's Okay Daddy's Daughter" yang berjudul "Just Like Now."

55. Buah kesukaan Donghae adalah jeruk, pear, kiwi, dan strawberry.

56. Impiannya saat kecil adalah "Walaupun aku menabrak mobil yang sangat besar, aku tidak akan terluka."

57. Saking dekatnya dengan Minho SHINee, Donghae memberikan Ipodnya kepada Minho.

58. Dikenal dengan sebutan "Dinosaur Siblings" bersama dengan Jonghyun SHINee dan Amber F(x).

59. Donghae membintangi MV SNSD yang berjudul "Kissing You." Donghae tampil dengan sangat manis di MV tersebut.

60. Ketika SD Donghae adalah murid tertinggi se-SD nya. Donghae pun dijuluki "Lee Tall Person." Namun setelah ia lulus SD tingginya tidak bertambah lagi.

61. Donghae merupakan salah satu member terpopuler di Super Junior.

62. Ketika sedang ujian SMA, Heechul bangun pagi-pagi untuk menyiapkan sarapan telur untuk Donghae.

63. Saat masih trainee, Leeteuk suka mengantar Donghae ke sekolah.

64. Donghae pernah menulis pesan di fan cafe "ELF, I Love You." Kemudian Sungmin memberitahunya bahwa yang ia tulis salah. Kata "Love" menjadi "Lvoe." Donghaepun langsung merasa sangat malu.

65. Saat trainee Donghae dijuluki "The Ddabbong Brothers" bersama Heechul dan Yunho DBSK.

66. Selama 1 tahun di SM Entertainment Donghae tidak mempunyai teman karena tidak ada yang berasal dari tempat yang sama dengannya. Begitu Yunho datang mereka menjadi sangat dekat. Donghae dan Yunho tinggal bertiga dengan Heechul.

67. Saat sebelum debut, Eunhyuk dan Junsu DBSK berencana menjahili Donghae dan membuatnya menangis. Eunhyuk berkata kepada Donghae "Kau sudah mulai berubah dan melupakan kita." (Biasanya seseorang yang sudah menjadi selebritis seperti itu). Donghae kecewa dan pergi. Kemudian Eunhyuk menyusulnya dan mendengar suara tangisan dari kamar mandi. Saat Eunhyuk hendak membuka pintunya, Donghae langsung membanting pintu dan berkata "Aku tidak akan berubah" sambil menangis.

68. Impian Donghae jika ia sudah menikah nanti adalah ketika Donghae bangun tidur sang istri akan memberikan morning kiss kepadanya. Ketika Donghae sedang mandi, istrinya akan membuatkan sarapan sandwich kemudian mereka makan bersama. Kemudian saat Donghae akan berangkat kerja, istrinya akan memberikan ciuman selamat tinggal.

69. Tinggi wanita ideal Donghae adalah 167 cm.

70. Donghae membintangi MV BoA yang berjudul "Key of Heart."

71. Dalam MV Happiness, di saat member lain membawa banner bertuliskan "Free Hug" namun Donghae membawa banner yang bergambar ikan.

72. Tipe wanita idela Donghae adalah wanita yang dapat menjaga dan memperhatikan dirinya.

73. Alat musik favorit Donghae adalah piano. Tetapi, Donghae lebih senang mempelajari gitar dibandingkan dengan piano.

74. Makanan favorit Donghae adalah chicken doritang, seafood, kimchi, dan cookies poka poka chip.

75. Makanan yang dibenci oleh Donghae adalah makanan apapun yang manis.

76. Minuman favorit Donghae adalah susu.

77. Ketika Donghae memberikan tanda tangannya kepada penggemar, ia tidak mengerti mengapa fans tersebut mengucapkan terima kasih. Donghae berpikir yang seharusnya berterimakasih adalah dirinya, terima kasih karena sudah mencintai Super Junior.

78. Donghae berpikir bahwa "Donghae" bukanlah namanya, namun ia selalu menuliskan namanya sebagai Donghae.

79. Ketika Donghae duduk terlalu lama, secara tidak sadar ia akan memakai lengannya untuk memeluk kaki kanannya.

80. Saat Super Show 3, Donghae berduet dengan Eunhyuk menyanyikan lagu "I Wanna Love You."

81. Donghae menulis, mengaransemen sekaligus menyanyikan lagu theme song untuk reality show "Strong Heart" berduet dengan Chance One Way.

82. Lagu "Y" di 5JIB Mr. Simple Super Junior adalah karangannya.

83. Donghae bersama dengan Eunhyuk menulis lagu "A Short Journey" yang dipersembahkan untuk Kangin yang dimuat di album Bonamana Versi C.

84. Saat di Super Show 3 Donghae, Eunhyuk, dan Shindong tampil menyanyi dan menari lagu "Single Ladies" dari Beyonce dalam busana wanita. Mereka dikenal dengan sebutan Haeyonce, Hyukyonce, dan Shinyonce.

85. Tipe darah Donghae adalah A.

86. Donghae adalah seorang penganut Kristen.

87. Donghae berkuliah di Universitas Myongji.

88. Donghae juga membintangi MV Ariel Lin "Fireflies" bersama dengan Siwon.

89. Donghae bersama dengan Kyuhyun dan Han Ji Min menyanyikan theme song untuk CF "Happy Bubble" sekaligus membintangi iklan tersebut.

90. Donghae merupakan salah satu lead dancer di Super Junior selain Eunhyuk, Shindong, dan Kyuhyun.

91. Mata Donghae minus 2.

92. Donghae bergabung ke Cyworld karena Eunhyuk, sementara Eunhyuk bergabung ke Twitter karena Donghae.

93. Saat kecil Donghae bercita-cita menjadi seorang atlet. Saat kelas 6, ayahnya menyarankannya untuk menjadi penyanyi. Saat kelas 7, Donghae melihat ada sebuah audisi menyanyi dan berniat mengikutinya. Ayahnya sangat mendukung karena ayahnya dulu bercita-cita menjadi seorang penyanyi namun dilarang oleh ayahnya (kakek Donghae).

94. Donghae dikenal sebagai sosok yang lumayan religius, Donghae suka ikut andil di di perkumpulan gerejanya bersama dengan Siwon.

95. Donghae sangat menyukai anak-anak. Anak-anak juga suka dengannya karena sifatnya yang menyenangkan.

96. Donghae dinobatkan sebagai pria Korea paling seksi oleh masyarakat Argentina.

97. Donghae merupakan salah satu member yang sangat berpengaruh di China.

98. Donghae mengharapkan Super Show diadakan di Afrika, karena setiap mempromosikan konser ini, Donghae selalu mnyebut Afrika.

99. Donghae direkrut oleh SM Entertainment pada tahun 2001.

100. Saat lahir, Donghae menderita komplikasi jantung yang membuatnya hampir meninggal dunia, Setelah melalui beberapa operasi, dokter berkata bahwa jika Donghae bisa bertahan hingga usia 3 tahun, ia akan hidup normal seperti anak-anak lainnya.

Referensi


http://extraordinaryk-pop.blogspot.com/2013/07/profil-donghae-super-junior-biodata.html

http://muti-mpp.blogspot.com/2011/12/biografi-lee-donghae-super-junior.html

0 Comments

Post a Comment