Biografi Band Metalcore Burgerkill

                               

Burgerkill adalah band yang awalnya diusung oleh Eben, Ivan Scumbag (Alm), Kimung, dan Dadan. Mereka berempat berkolaborasi dan menciptakan karya awal dalam kompilasi Underground Phenomenon, salah satu yang terkenal adalah lagu Revolt yang merupakan lagu pertama mereka.

Karya-karya BK (singkatan burgerkill) semakin dikenal di kalangan underground Bandung, album pertama mereka yang bertajuk "Dua Sisi" menelurkan beberapa single yang terkenal, diantaranya adalah "Everlasting never ending hope" & "sakit jiwa". Album ini terjual +- 2.000 keping pada tahun pertamanya di tahun 2000an, sebuah prestasi yang membuat Burgerkill mendapat nominasi pendatang baru terbaik dari salah satu majalah musik.

Selanjutnya Burgerkill terus menelurkan karyanya sejalan dengan pergantian personel yang terjadi di dalamnya, album mereka setelah dua sisi yaitu Berkarat, Beyond Coma and Despair, dan venomous. Kalau menurut saya pribadi, kematangan Burgerkill mulai terlihat kala mereka menelurkan lagu "Tiga titik hitam", "we will bleed", "darah hitam kebencian", "atur aku", "shadow of sorrow", "through the shine", "an elegy", "only the strong", "house of greed", dan lagu demo di tahun 2014 yang berjudul "undefeated".


Personel Burgerkill


Sejak awal dibentuk, ada 4 nama yang bisa dibilang sebagai pendiri Burgerkill, mereka adalah Ebenz, Ivan Scumbag (Alm), Kimung, dan Dadan. Namun seiring berjalannya waktu, banyak personel yang keluar masuk ke Burgerkill, mereka diantaranya adalah Agung, Vicky, Toto, Andris, Ramdan, dan Ugum. Personel terbaru di tahun 2016 ini berubah lagi dengan keluarnya Abah Andris dari BK, jadi saat ini Burgerkill hanya di isi 4 personel yaitu Ebenz (gitar), Agung (gitar) , Vicky (vokal) , dan Ramdan (bass).


Prestasi Burgerkill


Banyak prestasi yang berhasil diraih oleh Burgerkill, kalau penghargaan dari media sepertinya sangat banyak sekali, mulai dari album pertama sampai yang terakhir membuahkan hasil dengan berbagai penghargaan. Namun beberapa prestasi yang menurut saya sangat membanggakan diantaranya adalah Penghargaan metal as F*ck (Inggris), AMI awards, kontrak rekaman dengan Sony Music, dan beberapa kerja sama dengan pihak luar negeri. Burgerkill adalah sejarah hidup musik metal Indonesia, BK adalah bukti nyata bahwa Indonesia masih cadas, masih banyak penikmat musik keras yang setia dengannya, dan mereka adalah band yang melawan arus dan mempertahankan idealisme mereka di jalur metal.

Kita tentunya berharap semakin banyak band-band cadas seperti BK yang akan muncul dan mengguncang Indonesia, bahkan dunia. Kita sudah terlalu muak dijejali dengan musik-musik cengeng yang bahkan mereka seperti artis pantomim di atas panggung kala tampil (kalian tahu lah maksud saya!)

1997 - Merilis single pertama dalam kompilasi Album "Masaindahbangetsekalipisan"

1999 - Mendapat Tawaran dari perusahaan rekaman Independent Malaysia "Anak Liar Record" dan merilis album Three Ways Split bersama dengan band Infireal (Malaysia) dan Watch It Fall (Perancis).

2000 - Merilis Album Dua Sisi oleh Riotic Records. Merilis single Everlasting Hope Never Ending Pain lewat kompilasi Ticket To Ride.

2001 - Melakukan kerjasama dengan sebuah perusahaan produk sport apparel asal Amerika: Puma selama 1 tahun.

2002 - Oktober, Kerjasama dengan produk clothing asal Australia: INSIGHT yang mensupport dalam setiap penampilan mereka.

2003 - Burgerkill menjadi band Cadas pertama di Indonesia yang menandatangani kontrak sebanyak 6 album dengan salah satu major label terbesar di negeri ini, Sony Music Entertainment Indonesia. Dan setelah itu akhir tahun 2003, Burgerkill berhasil merilis album kedua mereka dengan title Berkarat.

2004 - Lewat album Berkarat Burgerkill masuk kedalam salah satu nominasi dalam salah satu event Achievement musik terbesar di Indonesia Ami Awards. Dan secara mengejutkan mereka berhasil menyabet award tahunan tersebut untuk kategori Best Metal Production.

2005 - Burgerkill memutuskan kontrak kerjasama dengan Sony Music Entertainment Indonesia dikarenakan tidak adanya kesepakatan dalam pengerjaan proyek album ketiga, mereka sepakat untuk tetap merilis album ke-3 Beyond Coma And Despair di bawah label mereka sendiri Revolt! Records di pertengahan Agustus 2006. Album ini pun menjadi salah satu album terbaik di Rolling Stone Indonesia.

2006 - Juli, Ivan sang vokalis akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di tengah-tengah proses peluncuran album baru mereka Beyond Coma And Despair di akhir Juli 2006. Dan dengan melewati Audisi Vocal, Vicki terpilih menggantikan menjadi Frontman untuk melanjutkan perjalanan karir mereka.

2009 - Menggelar konser "Allegiance to Metal Tour 2009" bersama Psycroptic dan Nemesis.

2011 - Merilis Album Venomous, Menggelar konser bertajuk "Burgerkill Venomous Concert"

Referensi


http://wiki-metal.blogspot.com/2013/02/biografi-burgerkill.html

0 Comments

Post a Comment