Biografi Bill Gates

                            


Siapakah beliau?


Beliau adalah William Henry "Bill" Gates III lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955 berumur 63 tahun adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Micosoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen.

Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Masa Kecil & Kehidupan Awal


Terlahir sebagai William Henry "Bill" Gates III pada 28 Oktober 1955, ia adalah putra William H. Gates, Sr dan Mary Maxwell Gates. Ayahnya adalah seorang pengacara terkemuka sementara ibunya bertugas di dewan direksi untuk First Interstate BancSystem dan United Way. Dia memiliki dua saudara perempuan.

Dia belajar di Lakeside School di mana dia mengembangkan minat dalam komputasi. Dia baru berusia 13 ketika dia menulis program perangkat lunak pertamanya di komputer sekolah dan pada saat dia berada di sekolah menengah dia, bersama dengan beberapa temannya, telah mengomputerisasi sistem penggajian sekolah mereka.

Kolaborator bisnisnya di masa depan, Paul Allen, adalah senior di Lakeside. Pada usia 17, Gates bekerja sama dengan Allen untuk membentuk usaha yang disebut Traf-O-Data, untuk membuat penghitung lalu lintas berdasarkan pada prosesor Intel 8008.

Dia lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1973. Dia adalah Sarjana Merit Nasional dan mencetak 1590 dari 1.600 pada SAT. Dia mendaftar di Harvard College kemudian pada tahun yang sama. Sebagai seorang mahasiswa ia menghabiskan banyak waktu di depan komputer meskipun ia tidak terlalu tertarik mempelajari mata pelajaran lain. Temannya Allen menyarankan agar Bill berhenti kuliah untuk memulai bisnis.

Karier


Bill Gates dan Paul Allen berkolaborasi untuk mendirikan Microsoft (awalnya bernama Micro-Soft) pada tahun 1975. Pada awalnya mereka mengadaptasi BASIC, bahasa pemrograman yang populer untuk digunakan pada komputer mikro. Itu terbukti sukses dan mereka terus mengembangkan perangkat lunak bahasa pemrograman untuk berbagai sistem.

Pada 1980, keduanya didekati oleh International Business Machine (IBM) dengan proposal bahwa Microsoft menulis penerjemah BASIC untuk komputer pribadi IBM yang akan datang, IBM PC. Microsoft menciptakan sistem operasi PC DOS yang mereka kirim ke IBM dengan imbalan biaya satu kali sebesar $ 50.000.

Segera sistem operasi Microsoft menjadi sangat populer dan perusahaan memperkenalkan lingkungan operasi bernama Windows pada tanggal 20 November 1985, sebagai cangkang sistem operasi grafis untuk MS-DOS. Selama tahun-tahun berikutnya Windows mendominasi pasar komputer pribadi di dunia yang memperoleh lebih dari 90% pangsa pasar. Perusahaan melihat kesuksesan finansial yang fenomenal, dan sebagai pemegang saham individu terbesar perusahaan, Bill Gates mengumpulkan kekayaan besar.

Microsoft memperkenalkan Microsoft Office pada tahun 1989. Paket ini mengintegrasikan beberapa aplikasi seperti Microsoft Word dan Excel ke dalam satu sistem yang kompatibel dengan semua produk Microsoft. Keberhasilan MS Office memberi Microsoft monopoli virtual pada sistem operasi untuk PC.

Pada pertengahan 1990-an ketika penggunaan internet menyebar ke seluruh dunia dengan kecepatan yang mengkhawatirkan, Gates memfokuskan Microsoft pada pengembangan solusi perangkat lunak konsumen dan perusahaan untuk Internet. Platform sistem operasi Windows CE dan Jaringan Microsoft adalah di antara solusi inovatif yang dikembangkan selama ini.

Pada Januari 2000, Gates mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer Microsoft meskipun ia mempertahankan posisinya sebagai ketua. Dia menciptakan posisi baru dari Chief Software Architect untuk dirinya sendiri. Selama beberapa tahun berikutnya ia secara bertahap mengalihkan tugasnya kepada orang lain di Microsoft dan mulai menghabiskan lebih banyak waktu dalam karya filantropi. Dia mengundurkan diri sebagai Ketua Microsoft pada Februari 2014, dan saat ini menjabat sebagai penasihat teknologi untuk mendukung CEO Satya Nadella.

                       

Pekerjaan Besar


Bill Gates terkenal sebagai salah satu pendiri Microsoft, perusahaan teknologi multinasional yang saat ini dianggap sebagai salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Ini adalah pembuat perangkat lunak terbesar di dunia yang diukur dengan pendapatan

Penghargaan & Prestasi


Pada tahun 2002, Bill dan Melinda Gates menerima Penghargaan Jefferson untuk Layanan Publik Hebat yang Bermanfaat bagi yang Tertinggal/Jefferson Award for Greatest Public Service Benefiting the Disadvantaged.

Gates menerima Penghargaan Bower untuk Kepemimpinan Bisnis dari The Franklin Institute pada 2010 sebagai pengakuan atas prestasinya di Microsoft dan karya filantropisnya.

Bill dan Melinda Gates bersama-sama menerima kehormatan sipil tertinggi ketiga India Padma Bhushan pada 2015 untuk kegiatan filantropi yayasan mereka di India.

Kehidupan & Warisan Pribadi


Bill Gates bertemu Melinda French, seorang wanita muda yang bekerja di Microsoft, pada tahun 1989. Pasangan itu menjadi dekat selama periode waktu tertentu dan menikah pada tahun 1994. Mereka memiliki tiga anak.

Karya filantropi


Pada tahun 1999, ia menyumbangkan US $ 20 juta kepada Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk pembangunan laboratorium komputer yang dinamai "William H. Gates Building" untuk menghormatinya.

Bersama istrinya, Melinda, Bill Gates membentuk Yayasan Bill & Melinda Gates (BMGF atau the Gates Foundation) pada tahun 2000. Ini adalah yayasan swasta terbesar di dunia dan bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia.

Pada 2010, Gates bersama dengan sesama miliarder investor Warren Buffett, dan pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg menandatangani "Gates-Buffet Giving Pledge", berkomitmen untuk menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka selama waktu untuk amal.

Referensi

https://profilbiografiorangterkenal.blogspot.com/2019/06/biografi-bill-gates-pengusaha-sukses.html

https://bingnsal.blogspot.com/2019/06/biografi-singkat-bill-gates.html

0 Comments

Post a Comment