Biografi Abdee Negara Slank



                                                  

Gaya rambut urakan plus stelan kemeja or kaus ketat lengkap dengan pernak perniknya menjadi ciri khas Abdee Negara di setiap konser musik Slank. Gitaris Kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah ini menggantikan Posisi Pay pada tahun 1997 yang sudah mendarah daging di semua fans Slank saat itu. Awalnya, para Slankers sempat meragukan kapasitasnya sebagai salah satu pengganti Pay. Namun, kenyataannya kemudian sangat tidak sesuai dengan perkiraan awal para Slankers. Bahkan kontribusi yang diberikan oleh Abdee terhadap Slank bisa dibilang melebihi Pay.

Ia hijrah dari kota Palu ke Jakarta untuk menjadi musisi profesional. Pertama-tama ia bergabung bersama band Ecky Lamoh, Gideon Tengker, dan Henky Supit. Lantas kemudian menjadi session player untuk berbagai artis lain mulai dari Ermy Kulit sampai Trio Kwek-Kwek. Namanya menjadi pembicaraan luas saat ia dan rekannya, Ridho didaulat sebagai gitaris baru Slank.

Selain sebagai gitaris, Abdee juga jago sound engineer. Abdee lah yang kini menangani pembuatan album-album Slank. Vokal pendukung, penulis lagu dan produser. Selain bermain musik dengan rekan Gitarnya di Group Slank, Ridho, Abdee pernah bermain dengan gitaris internasional lainnya, salah satunya Paul Gilbert. Selain Slank, band utamanya, Abdee juga memproduseri band Indonesia lainnya, Serieus. Abdee juga menjadi salah satu clinician di majalah G Plus bersama anggota gitaris.com, Owen. Untuk gitar, Abdee menjadi endorser dan artis untuk merk gitar Extreme. Meskipun begitu, ia tetap menginginkan model Telecaster.

Sejak memulai karir musiknya, Abdee selalu bermain dan mempersembahkan gaya rock-blues buat para Slankers. Abdee juga sering menampilkan permainan solo dengan menggunakan slide. Jika anda mendengar permainan slide didalam lagu-lagu Slank maka bisa ditebak, Abdee lah yang memainkannya. Bersama Slank, Abdee telah banyak merilis album Slank, Mulai dari Album Tujuh (1997) sampai dengan sekarang.


Inilah fakta - Fakta menarik ihwal Abdee Negara Slank


Gabung di SLANK Sejak 1997.

Pendiri dan Gitaris AIRS (All Indonesian Rock Star)

Belajar gitar Otodidak.

Belajar teori musik di Indra Lesmana Workshop Farabi tahun 1988.

Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Ivanka (Flash Band), bareng Hengky Supit‘Whizzkids’ (Interview Band), bareng Wawan & Michael Meyer ‘Sket’ (DOR Band), bareng Dino dan Yoyo ‘Bayou’ (Makhatana Band), bareng Sandy ‘PAS BAND’, & Iram ‘U Camp’ (ENEMES Band), bareng Cendy Luntungan dan Harry Anggoman ‘Gong 2000’ (KRS) bareng Arthur Kaunang dan James F. Sundah (ARJACO).

Produserin ‘Serieus’ band, The PainKillers, Marshanda.

Mendirikan Manajemen Artis ‘Maleo Music’.

Tahun 1990 – 1997 jadi Musisi pendukung beberapa Penyanyi Solo menyerupai Gideon Tengker, Conny Constantia, Ermy Kulit, Michael “Sket” Meyer, Eki Lamoh, dll.

Pernah jadi Stage manager & music director di rumah produksi punya Ermy Kulit.

Merilis merek gitar Hardee HD-1 Eyes (Abdee Signature Series)

Bikin dampak gitar hasil karya dan kreasinya sendiri yang dikasih nama ‘The Eyes.

Bikin website musik importmusik.com dan kabartop.com bareng Dewa Budjana dan Audy.

Abdee yaitu Personil SLANK yang paling melek Tekhnologi.

Pertama kali nge-mixing & mastering album ke – 10 Slank Virus.

Referensi

http://slankercommunity.blogspot.com/2009/02/abdee-negara.html

http://slankercommunity.blogspot.com/2009/02/abdee-negara.html

0 Comments

Post a Comment