Biografi Najwa Shihab

                               


Awal karir Nana bergabung menjadi seorang wartawan di RCTI. Hingga akhirnya tahun 2001 Nana memutuskan untuk bergabung dengan Metro TV, karena menurutnya Metro TV merupakan stasiun tv yang memiliki potensi besar dalam mengembangkan minat dan bakat Nana dalam dunia jurnalistik. Menjadi seorang pembawa acara di Metro TV membuat kemampuan Nana semakin terlihat terlebih lagi ketika ia meliput tragedi Tsunami Aceh pada tahun 2004. Berbagai pujian dan penghargaan menghampiri Nana.

Biografi Najwa Shihab, seorang presenter wanita profesional di bidang Jurnalistik Indonesia. Najwa Shihab sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dari acara yang dibawakannya yaitu Mata Najwa. Mata Najwa adalah sebuah acara Talk Show yang disiarkan di Metro TV. Acara ini umumnya akan menginterview tokoh - tokoh politik Indonesia, bahkan presiden pun diundang sebagai narasumber di acara talk show Mata Najwa tersebut. Sebagai contoh presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dulu pernah menjabat sebagai presiden RI menjadi presiden yang diwawancarai pertama sekali di Mata Najwa tepat setelah pelantikan presiden.

Berikut ini adalah biografi dari seorang Najwa Shihab. Nana adalah panggilan akrab yang sering digunakan oleh teman - temannya untuk memanggil Najwa Shihab, Wanita cerdas ini lahir di Makassar tepat pada tanggal 16 September 1977. Nana adalah putri kedua dari tokoh muslim terkenal di Indonesia yaitu Prof. Dr. Quraish Shihab dan ibunya bernama Fatmawati. Najwa menikah dengan seorang lelaki bernama Ibrahim Assegaf dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Izzat.


Riwayat Pendidikan Najwa Shihab


Najwa memulai pendidikan Taman Kanak - Kanak nya di TK yang bernama Al-Quran, setelah itu lanjut ke Sekolah Dasar, SD Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, dan masuk ke Sekolah Menengah Pertama di SMP Al - Ikhlas Jakarta. Kemudian Nana masuk di sebuah sekolah menengah di Jakarta, dan dikala itu Nana mendapatkan tawaran untuk mengadakan pertukaran pelajar dengan siswa yang ada di luar negeri yakni Amerika. Nana mendapatkan kesempatan tersebut selama satu tahun dengan mengikuti program yang diadakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya yang bernama program AFS. Tentu belajar selama setahun di luar negeri merupakan sebuah pengalaman berharga bagi Najwa untuk memulai perjalanan hidupnya yang dipenuhi dengan dunia pendidikan. Sepulang dari luar negeri, Najwa atau Nana masuk ke perguruan tinggi negeri di Jakarta yakni Universitas Indonesia alias UI dan mengambil jurusan hukum.

Dan akhirnya Nana pun berhasil meraih gelar sarjana hukum dari UI, Nana pun melanjutkan pendidikan di S-2 nya di RMIT University, Melbourne, Australia. Siap untuk berkarir di bidang hukum atau bidang legal sesuai dengan jurusannya. Namun Nana tidak mengikuti jalur jurusan yang sudah diambilnya ketika di kampus, Nana pun mengikuti keinginan dan cita - citanya sebagai jurnalis dengan ikut bergabung sebagai jurnalis di Metro TV

Berbekal keinginan berkarir di dunia Jurnalistik, Nana pun mulai menapaki karirnya di Metro TV dengan menjadi pembawa acara jalanan alias reporter berita yang biasa menyampaikan berita di tempat kejadian perkara. Pengalaman yang pernah dialami Nana sebagai reporter jalanan adalah ketika terjadinya Tsunami di Aceh, Nana mendapatkan tugas untuk meliput berita dari Aceh. Nana adalah reporter pertama yang melaporkan kejadian Tsunami Aceh, meliput keadaan disana dan menyiarkannya di berita Metro TV. Liputan tersebut dinilai sangat baik bagi para korban disana, karena memberikan informasi bagi semua orang yang ingin peduli dengan kejadian Aceh yang memprihatinkan tersebut. Nana pun dianugerahi penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Prestasi

a. Tahun 2005, Najwa mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya karena dinilai Najwa berhasil memberikan informasi kepada masyarakat serta membuat masyarakat peduli dan empati terhadap tragedi Tsunami Aceh tahun 2004.

b. Tahun 2006, Najwa terpilih menjadi jurnalistik terbaik Metro TV.

c. Tahun 2006, Najwa terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar di Amerika.

d. Tahun 2006-20015, Najwa menjadi nominasi di Panasonic Award kategori Presenter Talkshow Berita dan Informasi Terfavorit.

e. Tahun 2007, Najwa masuk nominasi Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow presenter.

f. Tahun 2011, Najwa menjadi Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF).

g. Tahun 2015, Najwa berhasil memenangkan piala Panasonic Award kategori Presenter Talkshow Berita dan Informasi Terfavori.

h. Tahun 2012, Najwa terpilih sebagai pemandu debat menyisihkan sejumlah pembawa acara yang diseleksi KPUD DKI Jakarta. Najwa berhaisl menyingkirkan beberapa saingan beratnya.

Referensi

https://biografitokohinspiratif.blogspot.com/2015/08/biografi-najwa-shihab-pembawa-acara.html

http://www.biografiku.com/2015/05/biografi-najwa-shihab-presenter-mata.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Najwa_Shihab

http://www.profilpedia.com/2014/11/profil-dan-biografi-najwa-shihab.html



0 Comments

Post a Comment