Biografi Marie Curie - Wanita Peraih Dua Hadiah Nobel

 


                                  


Biografi Marie Curie, Dia adalah wanita pertama peraih penghargaan hadiah nobel sebanyak dua kali. Marie Curie seorang wanita cerdas dan memiliki kemampuan analitik yang baik khususnya di bidang kimia. Maria Curie adalah wanita penemu unsur baru yaitu Polodium dan Radium yang merupakan salah satu bahan baku nuklir yang banyak digunakan saat ini.

Marie Curie memiliki kemampuan yang baik di bidang matematika, fisika dan kimia, beliau menggabungkan ketiga pengetahuannya tersebut untuk melakukan berbagai jenis penelitian demi mendapatkan ilmu pengetahuan yang baik.

Marie Sklodowska Curie lahir di Warsaw, Polandia pada tanggal 7 November 1867 dan meninggal pada tahun 1934. Marie Curie adalah wanita pertama dan satu-satunya yang mampu meraih hadiah Nobel dua kali, dia juga adalah wanita pertama yang menjadi professor di Universitas of Paris, dia juga adalah wanita pertama yang dimakamkan di makam agung Pantheon Paris, Prancis.


Marie Curie Quotes


Marie memulai pendidikan nya di Warsaw, pada tahun 1891 diusianya yang ke 24, dia mengikuti saudarinya Bronislawa ke paris untuk menuntut ilmu. Disana Marie memperoleh gelar pendidikannya yang tertinggi dan memulai penelitiannya di bidang sains. Di Tahun 1903 dia berhasil meraih Nobel di bidang Fisika bersama dengan suaminya Pierre Curie bersama seorang fisikawan bernama Henri Becquerel. Kemudian kembali memenangkan penghargaan Nobel pada tahun 1911 di bidang kimia.

Penemuannya tentang teori radioaktivitas (sebuah istilah yang diciptakannya), teknik mengisolasi radioaktif isotop, dan penemuan dua unsur yakni Polonium dan Radium. Dia membuat Curie Institutes di Paris dan di Warsaw, yang saat ini menjadi salah satu pusat penelitian dibidang medis.

Sekalipun dia sudah berkebangsaan Francis, Marie tetap tidak melupakan identitasnya sebagai orang polandia, beliau mengajarkan anaknya untuk berbahasa polandia, dan sesekali membawa mereka pergi jalan - jalan ke polandia. Sebagai bukti bahwa dia tidak melupakan identitas polandianya, Marie memberikan unsur polandia pada polonium yang ditemukannya tersebut.

Curie sendiri meninggal pada usia yang ke 66 di Sanatorium Prancis, yang disebabkan oleh penyakit aplastic Anemia yang dideritanya akibat sering terkena radiasi dari radium semasa melakukan penelitian, dan pembuatan sinar - X di saat perang dunia ke II di masa itu.

Penghargaan, Kehormatan, dan Upeti


Menjadi salah satu wanita penemu paling terkenal hingga saat ini, Curie merupakan seorang penemu yang menjadi icon di dunia ilmu pengetahuan di seluruh dunia. Marie Curie adalah satu-satunya wanita pertama yang meneribah hadiah nobel, orang pertama yang menerima penghargaan nobel, satu-satunya wanita yang menerima nobel di dua bidang yang berbeda. Berikut sejumlah penghargaan yang diraih beliau :

- Hadiah nobel di bidang Fisika (1903)

- Davy Medal (1903, bersama dengan Pierre)

- Matteucci Medal (1904, bersama dengan Pierre)

- Antonian Prize (1907)

- Elliot Cresson Medal (1909)

- Hadiah Nobel di Bidang Kimia (1911)

- Franklin Medal dari American Philosophical Society (1921)

Curie alias Ci merupakan satuan dari radioaktifitas yang diberikan sebagai penghargaan atas jasa beliau di bidang Kimia. 3 mineral radioaktif juga diberikan dengan menggunakan namanya yakni : Curite, Sklodowskite, dan Cuproslodowskite. Beliau menerima banyak penghargaan dari berbagai universitas di seluruh dunia. Marie Curie Actions merupakan program fellowship di Uni Eropa yang ditujukan bagi saientis muda yang ingin bekerja di luar negeri. Di polandia Marie Curie juga menerima penghargaan gelar Doktor dari Lwow Polytechnic(1912), Poznan University(1922), Krakow's Jagiellonian University (1924). dan Warsaw Polytecnic (1926). Beliau juga dihargai penghargaan Lota Sigma Pi National Honorary Member sebagai penghargaan atas kontribusinya yang banyak di dunia ilmu pengetahuan khususnya bidang Kimia. Banyak tempat di dunia juga menggunakan nama beliau, Stasiun Metro di Paris diganti nama menjadi nama beliau pada tahun 2007, 7000 Curie Asteroid juga menggunakan nama beliau.

Dua museum di menggunakan nama beliau yakni Maria Sklodowska-Curie Museum yang didirikan di Warsaw di tanah kelahirannya di jalan Freta. Laboratorium nya juga diberikan nama Musee Curie, yang dibuka sejak tahun 1992.

Curie dikenal sebagai sosok pribadi yang sederhana jujur dan gaya hidup moderat sederhana, Menerima beasiswa pada tahun 1893, di tahun 1897 curie mengembalikan segera setelah beliau memperoleh penghasilan tetap. Curie membagi - bagikan uang hasil penghargaan nobel nya lebih banyak ke teman - temannya, keluarga, murid - murid dan assosiasi peneliti.

Sebuah keputusan langka yang diambilnya Marie Curie sengaja tidak mematenkan Proses Isolasi Radium, yang bertujuan agar masyarakat ilmiah dapat melakukan berbagai penelitian tanpa hambatan. Curie lebih berniat apabila hadiah uang atau penghargaan lebih baik diserahkan kepada lemmbaga - lembaga ilmu pengetahuan bukan kepada dirinya sendiri. Marie dan suaminya sering sekali menolak penghargaan - penghargaan yang disodorkan kepada mereka. Albert Einstein menuturkan bahwa Marie Curie adalah satu - satunya orang yang tidak dapat dirusak oleh ketenaran.

Referensi


https://biografitokohinspiratif.blogspot.com/2015/09/biografi-marie-curie-wanita-peraih-dua.html

0 Comments

Post a Comment