Biografi Zayn Malik

                    


Biodata


Nama lengkap : Zain Javadd "Zayn" Malik


TTL : lahir di Rumah Sakit St Luke, Bradford Inggris, 12 Januari 1993; umur 23 tahun (2018)


Ayahnya : Yasser Malik (Inggris - Pakistan)


Ibunya : Tricia Malik (Inggris)

Saudara : Doniya, Waliyha and Safaa.

Instagram : @zayn

Twitter : @zaynmalik

Masa Kecil Zayn Malik


Saat melihat wajah Zayn Malik, kamu mungkin penasaran dengan asal-usulnya. Pasalnya, wajahnya yang ganteng tersebut terlihat berbeda dengan wajah orang barat pada umumnya, karena ia mempunyai tampang kearab-araban. Ya, wajar saja kalau kamu berpikiran seperti itu karena Zayn memang mempunyai darah Pakistan yang diwarisinya dari sang ayah.

Laki-laki kelahiran 12 Januari 1993 ini dibesarkan dari keluarga yang sederhana. Dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, mereka tak mempunyai tempat tinggal sendiri waktu itu. Sang ayah dulu bekerja sebagai personal trainer di sebuah gym dan ibunya menjadi seorang koki masakan halal di sebuah sekolah menengah di Bradford.

Orangtua Zayn adalah penganut Islam yang taat. Sang ayah memang seorang muslim, sedangkan sang ibu memeluk Islam ketika menikah. Sejak kecil, Zayn Malik dan ketiga saudaranya dididik untuk menjalankan salat lima waktu dan membaca Alquran. Bahkan, dia sudah khatam membaca kitab suci umat muslim tersebut saat berumur 12 tahun.

Anak lelaki satu-satunya di keluarganya ini memang mempunyai sifat agak pemalu. Namun, sedikit demi sedikit mulai terbuka dan percaya diri saat duduk di bangku SMA. Dia mengambil banyak pelajaran seni dan sering mengikuti pertunjukan yang diadakan di sekolahnya. Bahkan, dia pernah bernyanyi sepanggung dengan Jay Sean dalam salah satu acara pentas seni sekolah.

Ketertarikan Zayn dalam bermusik awalnya karena pengaruh sang ayah yang sering mendengarkan musik reggae, R&B dan hip hop. Kalau tidak menjadi artis, dia bercita-cita menjadi seorang guru Bahasa Inggris. 

One Direction

Perjalanan karier Zayn bisa saja berbeda jika pada waktu itu dia memutuskan untuk tak mengikuti audisi pencarian bakat The X Factor UK. Dalam wawancara di sebuah media, sang ibu pernah bercerita bahwa Zayn Malik ingin batal ikut audisi tersebut saking groginya. Namun, Tricia menyemangati buah hatinya untuk tetap mencoba, tak masalah jika tak berhasil yang terpenting dia tak melewatkan kesempatan.

Awalnya, Zayn mengikuti audisi untuk penyanyi solo dengan menyanyikan Let Me Love You, sebuah lagu populer dari penyanyi R&B, Mario. Dia lolos babak eliminasi pertama, tapi sayang tak bisa berlanjut ke babak eliminasi final.

Simon Cowell dan Nicole Scherzinger yang merupakan juri pada ajang tersebut memutuskan untuk memberinya kesempatan kedua dengan menaruhnya dalam satu grup bernama One Direction bersama beberapa finalis terpilih lain. Beberapa finalis yang menjadi teman grup Zayn tersebut tak lain dan tak bukan adalah Louis Tomlinson, Harry Styles, Niall Horan, dan Liam Payne.

One Direction merajai tangga lagu saat merilis single pertamanya bertajuk What Makes You Beautiful yang dirilis pada September 2011. Up All Night, yang merupakan album pertama mereka, menjadi album bestseller tak hanya di Inggris, tapi juga di Amerika. Kesuksesan mereka pun terus berlanjut dengan selalu mendapatkan peringkat pertama dalam tangga lagu dunia dengan album yang dirilis yakni, Take Me Home (2012), Midnight Memories (2013), dan Four (2014).

Namun, setelah lebih dari empat tahun bertahan dalam grup yang membesarkan namanya, Zayn Malik memutuskan untuk keluar dari One Direction. Hal tersebut dikonfirmasi pada tanggal 25 Maret 2015 oleh manajemen One Direction melalui akun Facebook resminya. Sejak saat itu, grup tersebut tetap menjalani aktivitas musiknya hanya dengan empat orang.


Solo Karier


Belum genap setahun meninggalkan One Direction, laki-laki yang mempunyai tinggi 175 cm ini merilis Pillowtalk pada tanggal 28 Januari 2016 untuk debutnya sebagai penyanyi solo. Saat perilisan, lagu tersebut menempati urutan pertama dalam tangga lagu iTunes di 90 negara dan membuatnya menduduki posisi pertama pada chart Billboard Hot 100.

Zayn Malik merilis album solo perdananya yang bertajuk Mind Of Mine (2016). Album tersebut berisi 18 lagu bernuansa R&B di mana dia terlibat aktif dalam pembuatannya. Lirik lagu-lagunya pun lebih berani dan dewasa jika dibandingkan dengan karyanya ketika masih di One Direction. Album ini jugalah yang membuatnya menjadi artis pria dari Inggris yang berhasil merajai tangga lagu di US dan UK.

Ketika diwawancarai mengenai kesuksesannya sebagai penyanyi solo, dia pun mengaku senang dengan perubahan yang baik baginya ini. Pasalnya, setelah beberapa tahun kebebasan bermusiknya terkekang di One Direction, akhirnya dia bisa merilis lagu yang diimpikannya. Kesuksesan Zayn Malik di dunia musik juga ditandai dengan diperolehnya penghargaaan ajang American Music Awards 2016 untuk kategori New Artist of the Year.

Tak hanya disibukkan dengan proyek solonya, dia juga berkolaborasi dengan penyanyi lain seperti Shakeships, Chris Brown, dan Sia. Zayn Malik pun mengisi soundtrack film komedi supernatural Ghostbuster (2016) dengan menyanyikan lagu yang bertajuk wHo. Ada jugaproyek kolaborasinya bersama salah satu sahabat Selena Gomez, Taylor Swift, sebagai pengisi soundtrack Fifty Shades Darker (2017) dengan lagu berjudul I Don’t Wanna Live Forever. Inilah sedikit kisah mengenai profil Zayn Malik tentang karier solonya.

Biografi Zayn Malik (Kehidupan awal) - Zayn dibesarkan di East Bowling, di sebelah barat pusat kota Bradford. Dia menempuh pendidikan dasarnya di Lower Fields Primary School dan melanjutkan ke Tong High School, sebuah sekolah negeri yang komprehensif di Bradford. Sebelum pindah kesana, Zayn sudah pindah sekolah dua kali karena dia merasa tidak cocok dengan sekolah-sekolahnya yang sebelumnya. Barulah setelah dia pindah Tong, ia menemukan kecocokan itu dan mulai fokus pada bakatnya. Saat mengikuti The X Factor, kakeknya, Walter meninggal dunia. Zayn memiliki tato berupa nama kakeknya dalam bahasa arab di dadanya.

Biografi Zayn Malik ( Audisi X-Factor) Saat audisi The X Factor, Zayn mengungkapkan motivasinya mengikuti acara itu adalah untuk mencari pengalaman. Menurutnya, urban music adalah faktor utama yang mempengaruhi karir bermusiknya yang bergenre R&B dan Rap. Dalam audisi X Factor, Zayn membawakan lagu R&B milik Mario yang berjudul "Let Me Love You". Dia merupakan personil One Direction yang dicap sebagai "kolaborator impian" oleh beberapa artis-artis dunia, salah satunya Bruno Mars. Zayn pernah berkencan dengan rekannya sesama kontestan X Factor, Rebecca Ferguson. Hubungan ini menuai kontroversi karena usia mereka yang terpaut enam tahun. Hubungan ini cuma bertahan empat bulan dan berakhir pada bulan November 2011. Zayn adalah seorang perokok berat. Pada bulan Agustus 2011, ia menyatakan keinginannya untuk berhenti merokok, meskipun itu sangat sulit baginya.

Biografi Zayn Malik (Tato) - Zayn adalah penggemar rajah tubuh, ia punya tujuh tato ditubuhnya; tato berbentuk "Yin Yang" di pergelangan tangan, gambar jari bersilang di lengan bawah, nama kakeknya dalam tulisan arab di bagian dada, sebuah simbol Jepang yang mempunyai arti born lucky, gambar hati di bagian perut, gambar daun pakis berwarna perak yang merupakan simbol negara Selandia Baru di leher belakang dan terakhir tato berbentuk epigraf di bagian tulang selangkanya.


Biografi Zayn Malik (Islam) - Bulan Juni 2012, Zayn memposting tweet: "La ila ha ill lalla ho muhammed door rasoolalah" yang maknanya merupakan deklarasi iman dari seorang muslim. Tweet ini menuai kritik dari beberapa kalangan anti-muslim di Eropa dan Amerika, salah satunya Debbie Schlussel. "Ia menggunakan pengaruhnya untuk menyebarkan agama Islam pada para penggemarnya, dan berusaha membuat mereka pindah agama. Itu berbahaya," tulis Debbie dalam blognya. Sementara itu, Zayn dipuji oleh para muslim lain di industri hiburan Eropa dan Amerika. Wajahat Ali, seorang penulis skenario muslim dari San Fransisco menyebutkan bahwa kesuksesan Zayn justru dapat memperbaiki nama baik Islam di dunia barat. "Dia menunjukkan bahwa seseorang dapat dihargai karena bakatnya, dan ia tak akan diasingkan hanya karena ia seorang muslim." Zudhi Jasser, seorang aktivis muslim di Amerika, juga mendukung Zayn yang berani memproklamasikan keislamannya di dunia barat yang terkenal diskriminatif pada muslim. Namun ia mengingatkan bahwa muslim yang konservatif mungkin justru akan ikut mengecam Zayn karena tato dan tindikan di kupingnya.

Biografi Zayn Malik (Asmara) - Setelah sempat beberapa kali digosipkan menjalin hubungan dengan anggota girlband Little Mix; Perrie Edwards, pada bulan Mei 2012 Zayn akhirnya mengkonfirmasi kepada media kalau ia dan Perrie Edwards memang berpacaran. Pada Januari 2013, Zayn Malik diguncang kabar perselingkuhan dirinya dengan seorang pelayan bernama Courtney Webb dan Zayn juga dikabarkan melakukan hubungan seksual dengan Courtney Webb. Pada hari minggu tanggal 27 Januari 2013 setelah menghadiri acara penghargaan musik NRJ Awards 2013 di Perancis, Zayn segera kembali ke Inggris dan bertemu dengan Perrie Edwards untuk membahas mengenai hubungan mereka.


Referensi


https://tanya-biografi.blogspot.com/2013/03/biografi-zayn-malik.html#.X_5CXegzaUk

http://biogfrioranghebat.blogspot.com/2018/11/profil-biodata-zayn-malik.html


0 Comments

Post a Comment