Sejarah Band Seventeen

Seventeen Band merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang berdomisli di Jakarta. Grup musik ini dibentuk pada tahun 1999. Anggotanya berjumlah 4 orang yaitu Bani (bass), Yudhi (gitar), Herman (gitar), dan Ifan (vokal). Album pertamanya ialah Bintang Terpilih dirilis pada tahun 1999. Band ini umumnya bergenre rock.


Perjalanan Karir


Band ini terbentuk atas prakarsa Yudhi Rus Harjanto (Yudhi), Herman Sikumbang (Herman), dan Windu Andi Darmawan (Andi) yang bersekolah di sebuah SMU swasta di Yogyakarta. Ingin membentuk band secara serius, mereka menggaet Bani, sepupu Yudhi. Secara resmi mereka pun berdiri pada tanggal 17 Januari 1999 jam 17.00. Kebetulan semua personelnya saat itu berusia 17 tahun. Doni (vokal, gitar) bergabung satu tahun kemudian.

Album perdana mereka, Bintang Terpilih dirilis pada tanggal 17 Juli 2003 di bawah Universal Music Indonesia. Mereka menggaet Ari Untung (VJ MTV) untuk berduet di lagu "Jibaku". Album ini terbilang sukses dengan penjualan yang mencapai 75 ribuan dan beberapa lagunya digunakan untuk soundtrack sinetron. Sayang, label tempat mereka bernaung menutup divisi lokalnya. Selama dua tahun, mereka sempat terkatung-katung mencari label yang sesuai.

Saat divisi lokal Universal kembali dibuka, Seventeen pun kembali ke sana. Mereka segera merilis album kedua, Sweet Seventeen (2005) yang mengandalkan lagu "Jika Kau Percaya". Tiga tahun vakum Seventeen banyak berubah. Perubahan mencolok adalah pergantian vokalis. Doni mengundurkan diri, disusul Andi (drum). Sisa personel Seventeen pun kelabakan mencari pengganti Doni. Setelah melalui proses audisi, mereka memutuskan untuk menggaet Ifan, asal Pontianak, sebagai vokalis. Karakter vokal Ifan yang nge-pop sangat berbeda dengan Doni yang nge-rock. Album ketiga Seventeen, Lelaki Hebat (2008), berubah menjadi sangat pop. Perilisan album ketiga ini sedikit unik, karena Seventeen melakukannya di pusat perbelanjaan barang elektronik Glodok, yang selama ini disinyalir sebagai sarang para pembajak.

Barulan pada 17 Juli 2003 mereka meluncurkan album perdana setelah lama manggung membawakan lagu orang lain. Album ini diberi nama "Bintang Terpilih" yang berisikan 12 lagu dan menjagokan lagu "Jibaku" sebagai lagu andalan mereka. Album ini dibawah naungan label Universal Music Indonesia.

Sementara itu album kedua mereka berjudul "Sweet Seventeen" dirilis pada tahun 2005 dengan 12 lagu baru. "Jika Kau Percaya" menjadi lagu pilihan dalam album ini. Album ini juga sebagai album terakhir dari Doni dan Zozo yang memutuskan untuk keluar dari Seventeen. Seventeen menjatuhkan pilihan pada Ifan sebagai vokalis baru untuk menggantikan posisi Doni. Secara resmi formasi lama band ini berubah dan diisi oleh Ifan (vokal), Yudhi (gitar), Herman (gitar), Bani (bass) dan Andi (drum).

Album baru dan formasi baru band Seventeen keluar pada tahun 2008 yang berjudul "Lelaki Hebat" yang diisi oleh 10 lagu dan mengandalkan lagu "Untuk Mencintaimu", "Lelaki Hebat", dan "Jalan Terbaik" sebagai lagu andalan mereka. Pada album ini, Seventeen tidak mengandeng lagi label lama melainkan bekerja sama dengan label Nagaswara.

Album "Dunia Yang Indah" dirilis pada 2011 dengan lagu hitsnya "Jaga Selalu Hatimu" dan "Hal Terindah", 2 lagu ini mengeliminasi 8 lagu lain Seventeen untuk menjadi lagu pilihan mereka dan menjadi lagu andalan.

Diskografi


Bintang Terpilih (2003)

Sweet Seventeen (2005)

Lelaki Hebat (2008)

Penjaga Hati (2010)

Referensi


http://oto-biografi.blogspot.com/2011/02/sejarah-band-seventeen.html

0 Comments

Post a Comment