Biografi James Rodriguez


Biodata


Nama Lengkap : James David Rodríguez Rubio
Nama Panggilan : James Rodriguez
Kebangsaan : Kolombia
Tempat/tanggal lahir : Cúcuta, Kolombia/12 Juli 1992
Tinggi : 180cm
Klub saat ini : AS Monaco
Posisi bermain : Second Striker
No punggung : 10


Biografi


Profilbintang - Absennya Radamel Falcao membuat banyak pihak memprediksi Kolombia tak akan mampu berbicara banyak pada gelaran Piala Dunia 2014. Namun, James Rodriguez mampu mementahkan semua prediksi itu dengan membawa Kolombia melenggang ke perempat-final. Pada babak 16 besar kontra Uruguay, penyerang 22 tahun itu sukses menyarangkan dua gol kemenangan Kolombia.


Penampilan apik Rodriguez membuat banyak pihak memujinya. Hingga artikel ini dibuat, ia untuk sementara menduduki daftar top skor sementara dengan raihan 5 gol. Siapa sebenarnya sosok James Rodriguez? Simak profil dan perjalanan karirnya di bawah ini.

Pemuda berbakat yang mulai menarik perhatian pada piala dunia 2014 Brazil ini merupakan salahsatu pemain termahal didunia saat di beli Real Madrid dari AS Monaco. Setelah Piala Dunia 2014, bakat terbesar asal Kolombia ini mulai dibanding-bandingkan dengan legenda Kolombia, Carlos Velderrama. Berposisi sama sebagai gelandang serang, ia pun dijuluki El Nuovo Pibe. Dirinya juga disamakan dengan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Kecepatan dan tembakan keras nan akurat yang membuat ia disamakan dengan CR7.

Karir juniornya dimulai saat memperkuat klub lokal Evingado. Dalam rentang waktu 1995-2008 ia menimba ilmu diklub sepakbola tersebut. Bakat besarnya terendus oleh klub Argentina, Banfield. Tahun 2008 ia pindah ke Banfield. Di Banfield ia mencatatkan 42 penampilan dan 7 gol. Mengantarkan Banfield menjuarai Liga Apertura Argentina tahun 2009.

Cemerlang bersama Banfield, James melanjutkan karirnya di FC Porto. Nilai Transfer dari Banfield ke FC Porto senilai 5,1 juta euro pada musim panas 2010. gol pertama nya di eropa dicetak saat berhadapan dengan CSKA Sofia pada 15 Desember 2010 dan menang dengan skor 3-1 di Estadio Do Dragao. Di final piala Portugal, ia mencetak hatrick dalam kemenangan 6-2 atas Vitoria Guimares dan menjadi juara.

Transfer musim panas 2013, ia memutuskan pindah ke AS Monaco dengan biaya 45 juta euro. Nilai transfer itu membuat Jame Rodriguez mencatatkan rekor di liga Portugal sebagai pemain termahal kedua setelah Hulk. Rekor juga terjadi di Ligue karena harga selangitnya tersebut. Ia menjadi pemain termahal di Ligue 1. Di Monaco, ia mengantarkan klub tersebut lolos langsung ke fase grup Liga Champions dan terpilih menjadi best XI di Ligue 1.

Walaupun tanpa gelar di Monaco, James Rodriguez tetap menarik perhatian. Saat piala dunia 2014, penampilan ciamiknya membuka mata dunia akan potensi luar biasanya. Rela Madrid pun berani mengucurkan dana sebesar 88 juta euro untuk memindahkan barang-barang nya dari Perancis ke Spanyol. Di Madrid, ia mengenakan nomor 10. Buku Profil James Rodriguez semakin sesak dengan catatan prestasi di klub Spanyol ini. Dimusim pertamanya, James langsung memberikan trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar klub.

Profil James RodriguezBersama timnas junior kolombia, James ikut serta dalam kejuaraan U-17 di amerika selatan. Ia juga merupakan kapten saat bermain di Piala dunia U-20 dan mengantarkan timnas Kolombia U-20 menjuarai turnamen Toulon 2011. Karirnya bersama timnas senior ia mulai pada tanggal 11 Oktober 2011 melawan Bolivia dan memberi assist untuk Radamel Falcao. Gol debut nya terjadi saat melawan Peru.

Di Piala Dunia 2014 Brazil, ia di ikut sertakan oleh pelatih Kolombia, Jose Pakerman. Ia menjadi tumpuan di lini serang setelah Falcao tidak dibawa karena cedera. Ia mengantarkan Kolombia ke perempat final setelah dikalahkan Brazil. Di akhir turnamen, ia mendapat penghargaan Golden Boot karena menjadi top skor daltam turnamen 4 tahunan tersebut.

Fakta menarik dan perjalanan karir James Rodriguez

James mengawali karir profesional bersama klub Envigado. Pada tahun 2008, ia hengkang ke klub Banfield. Dua musim berseragam Banfield, James total mengoleksi 42 caps dan 5 gol. pada musim panas 2010/11, James hijrah ke Porto dengan nilai transfer sebesar €5,1 juta atau setara Rp83,74 miliar. Bersama Porto, James Rodriguez sukses meraih tiga gelar domestik secara beruntun. Total ada 8 gelar yang disumbangkan Rodriguez untuk Dragoes. Selama membela Porto, 32 gol dari 105 pertandingan telah ia kemas. Talenta luar biasa James Rodriguez memikat klub-klub kaya Eropa untuk meminangnya. Pada bura transfer 2013/14, ia hijrah ke AS Monaco dengan nilai transfer €45 juta atau setara Rp738,88 miliar. Di musim perdananya, Rordiguez mencetak 10 gol dari 28 penampilan. Sementara karirnya di Timnas Kolombia berawal pada 2011 lalu, sejauh ini 10 gol ia kemas dari 26 penampilan. Nah, itulah sekilas mengenai profil dan fa

0 Comments

Post a Comment