Biografi Michael Jordan




Michael Jeffrey Jordan (lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, 17 Februari 1963; umur 53 tahun) adalah pemain bola basket profesional asalAmerika. Ia merupakan pemain terkenal di dunia dalam cabang olahraga itu. Setidaknya, enam kali merebut kejuaraan NBA bersama kelompok Chicago Bulls (1991-1993, 1996-1998). Ia memiliki tinggi badan 198 cm dan merebut gelar pemain terbaik, tidak hanya itu, dia mempunyai peran yang sangat besar atas kepopuleran yang dialami oleh NBA (National Basketball Association) adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga basket paling bergengsi di dunia, yang sebelumnya tournament basket tersebut masih belum populer seperti saat ini.


Michael Jordan memiliki tiga kakak laki-laki (Larry Jordan, James R. Jordan, dan Deloris), dan seorang adik perempuan yang bernama Roslyn. Michael Jordan suka bermain basketball saat dia masih anak-anak, selain bermain basket dia juga bermain sepak bola. Ia mulai senang bermain basket ketika kakaknya, Larry, mengajaknya untuk bermain basket satu lawan satu, namun dari pertarungan tersebut Michael Jordan kalah, kekalahan ini membuat dia bertekad untuk menjadi pemain yang lebih baik.

Jordan bermain basket untuk Laney High School di Wilmington, North Carolina. Namun Michael Jordan dikeluarkan dari tim basket pada tahun kedua. Ia tidak putus asa walaupun dikeluarkan dari team basket, hal tersebut malah membuatnya untuk lebih berprestasi, berlatih berjam-jam di lapangan. "Setiap kali saya bekerja dan sudah bosan dan pikir saya harus berhenti, aku akan menutup mataku dan melihat daftar itu di ruang ganti tanpa nama saya di atasnya," kata Jordan, "dan itu yang biasanya membuat saya pergi lagi."

Michael Jordan lulus dari bangku kuliah dan memasuki NBA (National Basketball Association) pada tahun 1984, ia dipilih melalui pilihan ke-tiga (third pick) (First pick: Houston - Hakeem Olajuwon; kedua memilih: Portland - SamBowie) oleh Chicago Bulls, sebuah tim yang hanya memenangkan 28 games pada musim sebelumnya.

Dalam team Chicago Bulls, Michael Jordan mulai dimainkan pada tangal 26 Oktober 1984. Ia berhasil menjadi bintang liga bersama Chicago Bulls. Dengan kemampuannya dalam melakukan dunks, ia berhasil menjadi salah satu top scoredi liga, rata-rata ia mencetak 28,2 point dalam satu pertandingan, tidak hanya itu, ia juga di nobatkan sebagai Rookie of The Year, dan juga bermain dalam team All-Star.

Pada tahun 1991, Michael Jordan berhasil membawa Chicago Bulls menjadi juara NBA (National Basketball Association) untuk pertama kalinya. Semenjak ia bergabung dengan Chicago Bulls pada tahun 1984, baru dapat menjuarai liga NBA (National Basketball Association) pada tahun 1991. Tidak hanya sekali, namun Chicago Bulls menjadi juara tiga kali berturut (1991, 1992, dan 1993).

Setelah menjuara NBA (National Basketball Association) tiga kali berturut-turut, Michael Jordan memutuskan untuk pensiun dari basket pada tahun 1993-1994 untuk mengejar karier di baseball. Namun ia kembali bermain basket dan bergabung ke Chicago Bulls pada tahun 1995.

Bersama Chicago Bulls, Michael Jordan berhasil menjuarai NBA tiga kali berturut-turut (1996, 1997, dan 1998). Pada tahun 1999, ia memutuskan untuk pensiun dari basket, namun hanya dua tahun ia pensiun, pada tahun 2001 ia kembali bermain basket. Ia bergabung dengan team basket Washington Wizards, dan akhirnya ia memutuskan untuk pensiun dari basket pada tahun 2003 setelah dua tahun membela team basket Washington Wizards.

Selama kariernya di dalam dunia basket, ia telah mengoleksi enam gelar juara NBA dan lima kali ditunjuk sebagai MVP (AOS Most Valuable Player) reguler.



Karier Michael Jordan


Karier Michael Jordan diawali dengan membela tim University of North Carolina yang berada di Chapel Hill. Ia masuk di liga basket Amerika NCAA, sebuah ajang kompetisi antar universitas yang menjadi pintu masuk menjadi pemain internasional.

Michael Jordan akhirnya dapat masuk kedalam team. Kariernya menonjol di University of North Carolina di Chapel Hill, di mana dia memimpin Tar Heels ke Kejuaraan liga basket Amerika NCAA, sebuah ajang kompetisi antar universitas yang menjadi pintu masuk menjadi pemain internasional pada tahun 1982. Ia mendapatkan beasiswa sebagai atlet basket dari University of North Carolina.

Michael Jordan menjadi populer ketika dia mencetak game winning point di kejuaraan NCAA tahun 1982 saat melawan Georgetown Hoyas. Ia terpilih menjadi pemain terbaik di tingkat college di musim 1983-1984, dan memimpin US Men's Basketball Team untuk meraih Medali Emas Olimpiade pada Olimpiade Musim Panas 1984 di bawah asuhan pelatih Bobby Knight.

Referensi

http://hekahuang.blogspot.com/p/biografi-michael-jordan-michael-jeffrey.html

0 Comments

Post a Comment