Biografi Jack Ma


Biodata


Nama : Ma Yun / Jack Ma

Tanggal Lahir : 10 September 164

Asal : Hangzhou, Zhejiang, China

Karier : Pemandu Wisata

Guru Bahasa Inggris

Founder, CEO Alibaba Group

Biografi


Jack Ma atau bernama asli Ma Yun (nama dalam China)merupakan tokoh yang menginspirasi sekali. Betapa tidak, berangkat dari keluarga yang pas-pasan tetapi dapat membuktikan pada dunia bahwa beliau bisa jadi orang sukses juga.Jack Ma lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, pada tanggal 10 September 1964. Kini berkat kerja kerasnya, beliau bisa menjadi orang nomor satu di perusahaannya, Alibaba.com, perusahaan e-commerce terbesar di China. Beliau merupakan seorang milyader dari China yang bisa masuk di majalah Forbes dan pada tahun 2015 Jack Ma masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke 22.

Jack Ma sangat fasih berbicara dalam bahasa inggris. Siapa sangka, beliau belajar bahasa inggris sendiri dengan kemauan yang ada pada dirinya sendiri. Berbeda dengan teman sebanyanya, pada umur 12 tahun beliau sudah tertarik untuk belajar bahasa inggris. Beliau menjadi pemandu wisata kurang lebih 8 tahun masa kecilnya di sebuah hotel dekat Danau Hangzhou, yang kala itu negara China baru saja membuka diri bagi luar dan alhasil banyak turis yang berkunjung ke China.Kegagalan demi kegagalan selalu menimpa hidup Jack Ma. Mulai dari penolakan pada saat ia mendaftar di KFC, dari 24 orang yang mendaftar, hanya 23 yang diterima dan beliaulah sosok yang terbuang dan ditolak. Namun, dibalik kegagalan dari penolakan tersebut, beliau mempunyai keyakinan bahwa akan ada hal baik yang di dapat nantinya.

Walaupun dari keluarga pas-pasan, beliau berhasil menamatkan studinya dengan gelar sarjana bahasa inggris dan menjadi guru besar bahasa inggris. Semua itu berkat mimpi yang beliau miliki, mimpi yang kita miliki adalah harus digapai. Tak tau apa itu komputer, apalagi pemrograman komputer tetapi beliau berani bermimpi untuk membuat sebuah perusahaan komputer. Lantas semua teman dan saudara-saudara yang mengenal dia mulai mencemooh dan mengatakan bahwa mimpi beliau terlalu tinggi. Namun, Jack Ma bersikeras untuk bisa menggapai mimpi tersebut. Beliau mempelajari bagaimana pemrograman komputer dll. Pada akhirnya, orang-orang yang dahulu meragukan mimpinya kini hanya bisa gigit jari dan hanya bisa memandang dengan kagum buah kesuksesan dari mimpi yang digapai. Kini Alibaba.com berhasil beliau miliki dan menjadikannya milyader di negaranya.


Jack Ma Membangun Alibaba.com


Suksesnya website Jack Ma yang pertama inilah yang akhirnya membuat Jack Ma berfikir untuk mendirikan situs e-commerce Alibaba.com yaitu sebuah situs jual beli online yang menjembatani antara eksportir China dan pembeli dari luar negeri.Situs ini dinamai Alibaba karena pengucapannya yang mudah dan smeua orang didunia bisa mengejanya. Alibaba juga adalah kata yang digunakan untuk membuka peti harta karun dalam sebuah permainan game kesukaan Jack Ma. Sehingga ia berharap Alibaba bisa benar-benar membukakan pintu harta dan kesuksesan baik itu bagi Jack Ma sendiri dan juga bagi para eksportir China yang tergabung dalam Merchant Alibaba.com. Tahun 2015 lalu, Alibaba.com sukses IPO dengan nilai saham perdana yang begitu tingginya. Dalam semalam, Jack Ma yang awalnya bukan siapa-siapa langsung terkenal dan menjadi orang terkaya no 1 di China. Bener-bener from zero to hero. Didalam Alibaba Group ada Alibaba.com , Taobao Marketplace dan Tmall.com. Ketiga situs itu saat ini benar-benar mendominasi situs-situs e-commerce di China.

Gaya berbisnis Jack Ma adalah gaya nekat. Bagaimana tidak, ia hanyalah orang biasa yang tak tahu computer. Ia juga bukan dari kalangan keluarga kaya . Jack Ma cuman satu kelebihannya yaitu fasih berbahasa Inggris. Mungkin dari bahasa inilah membuat Jack Ma bisa dengan leluasa belajar berbagai ilmu yang ada di internet yang kebanyakan disuguhkan dalam bahasa Inggris. Gaya berbisnis yang nekat ini membuatnya dijuluki "Crazy Jack" oleh teman-temannya. Wawasan nya bertambah luas dan pikirannya bertambah terbuka ketika Jack ma berkunjung ke Silicon Valley. Disitu ia melihat bagaimana perkembangan internet dann ilmu computer secara langsung. Melihat bagaimana canggihnya kota itu. Inilah yang membulatkan tekad Jack Ma bahwa ia harus sukses menjadi seseorang. Dan akhirnya dream come true. Kini Alibaba adalah situs e-commerce terbesar kedua setelah Wal Mart, dan tentu no 1 di China.

0 Comments

Post a Comment