Sejarah Tercipta Mobil Merek Mercedes-Benz



Mercedes-Benz adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki tingkat keamanan tinggi. Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen. serta jasa dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz. Tentang desainer mobil Mercedes Benz


Bernama lengkap Karl Friedrich Benz adalah Seorang insinyur mesin Jerman, Karl Benz merancang dan membangun secara praktis mobil pertama di dunia yang akan didukung oleh mesin pembakaran internal. Pada tanggal 29 Januari 1886, Benz menerima hak paten pertama (DRP No 37.435) untuk mobil berbahan bakar bensin. Itu adalah mobil tiga roda; Benz membangun mobil roda empat pertama pada tahun 1891. dan Perusahaan yang didirikan oleh Benz & Company, menjadi perusahaan pertama sekaligus menjadi produsen terbesar di dunia mobil oleh 1900.

Karl Friedrich Benz lahir tahun 1844 di Baden Muehlburg, Jerman (sekarang bagian dari Karlsruhe). Ia adalah anak seorang sopir mesin. Benz sekolah di sekolah Karlsruhe jurusan tata bahasa dan kemudian Politeknik Universitas Karlsruhe. Pada tahun 1871, Ia mendirikan perusahaan pertama dengan mitra Agustus Ritter, "Iron Foundry dan Machine Shop" Toko pemasok bahan bangunan.

Benz memulai karyanya pada mesin dua-stroke, dengan harapan menemukan pendapatan atau penghasilann baru. Ia menerima hak paten pertama pada tahun 1879. Pada tahun 1883, ia mendirikan Benz & Company untuk memproduksi mesin industri di Mannheim, Jerman. Ia kemudian mulai merancang sebuah "motor kereta", dengan mesin empat-stroke (berdasarkan hak paten Nikolaus Otto). Benz merancang mesinnya (958cc, 0.75hp) dan rangka untuk kendaraan roda tiga dengan pengapian listrik, roda gigi diferensial, dan air pendingin. Mobil itu pertama di jalankan di Mannheim pada 1885. Pada tanggal 29 Januari 1886, ia dianugrahi hak paten untuk mobil berbahan bakar gas nya (DRP 37.435) dan pada bulan Juli, ia mulai menjual mobil kepada publik.

Pada tahun 1893, Velo Benz menjadi Mobil murah pertama di dunia, dan menjadi mobil yang diproduksi secara massal. ada tahun 1903, Karl Benz pensiun dari Benz & Company; desain nya sudah ketinggalan zaman oleh Gottlieb Daimler. Ia menjabat sebagai anggota dewan pengawas Daimler-Benz AG dari tahun 1926, ketika perusahaan dibentuk, sampai kematiannya.

Ia menikah dengan Bertha Ringer pada tahun 1872, yang memainkan peran aktif dalam bisnis, bersama-sama mereka memiliki lima anak. Karl Benz meninggal dunia pada tahun 1929. Biografi Karl benz menggambarkan bahwa perjuangan hidup seseorang senantiasa tidak berpihak kepada siapa yang cepat dan yang terkuat tetapi kepada mereka yang percaya bahwa mereka pasti menang.

Suatu hari, Emil Jellinek meminta Wilhelm Maybach, kepala desainer DMG, agar membuat mobil yang cepat, ringan dan aman. Maybach merupakan orang yang mendisain mobil truk pertama di dunia dan pada tahun 1896 truk ciptaannya mulai diproduksi. Mulai tanggal 1Oktober 1896, mobil hasil rancangannya ini di ekspor untuk pertama kalinya ke London.

Sepanjang tahun 1930-an, Mercedes-Benz telah memproduksi lebih dari 770 model. Konon, Adolf Hitler tokoh Nazi Jerman juga pernah memakai salah satu model mobil Mercedes-Benz dilengkapi dengan kaca depan anti-peluru selama kekuasaan-nya. Sekarang, mobil yang populer ini dipajang di War Museum yang ada di Ottawa, Ontario. Mercedes-Benz telah memperkenalkan berbagai inovasi teknologi dan keselamatan yang hingga sekarang diterapkan dalam berkendara. Mercedes-Benz adalah salah satu merek otomotif yang paling terkenal di dunia dan merupakan merek otomotif tertua yang masih ada hingga saat ini.

Pada tahun 1998, Mercedes-Benz melakukan kerjasama dengan Mercedes-AMG yang ter-integrasi dalam DaimlerChrysler dan akhirnya menjadi Mercedes-Benz AMG pada 1 Januari 1999. Antara tahun 2003-2009, Mercedes-Benz bersama dengan McLaren Cars bermitra dalam produksi mobil sport dengan produksi terbatas. Hasil-nya adalah Mercedes-Benz SLR McLaren yang merupakan kolaborasi mesin Mercedes yang digunakan oleh Tim Formula 1 McLaren-Mercedes hingga tahun 2009. Beberapa model Mercedes-Benz antara lain A-Clas, B-Class – Multi Purpose Vehicle (MPV), C-Class – Saloon, Estate & CoupĂ©, CL-Class – Luxury CoupĂ©, CLA-Class, CLS-Class, GL-Class dan model produk lainnya. Saat ini Mercedes-Benz telah hadir di berbagai negara di dunia.

Kode yang Jarang Diketahui
Mobil-mobil buatan Mercedes-Benz pada umumnya mengandung kode-kode yang terkadang belum dimengerti oleh para pemiliknya. Jangankan pemiliknya, orang awam saja pasti sulit membedakan kode-kode yang tertera pada bagian buritan kendaraan. Kode-kode ini memiliki arti tersendiri yang menunjukkan spesifikasi yang ada pada mobil Mercedes-Benz.
4Matic : Mobil berpenggerak 4 roda.
CGI : Charged Gasoline Injection yang artinya mesin direct injection.
CDI : Commonrail Direct Injection mesin Diesel.
Huruf (d) di belakang angka : Mesin Diesel.
Kompressor : Mesin dengan supercharger.
Biturbo : Mesin dengan dua buah turbo.
V8 : Mesin konfigurasi V dengan 8 silinder.


Referensi


https://www.carmudi.co.id/journal/sejarah-mercedes-benz/
https://barliks901.wordpress.com/sejarah-singkat-lahirnya-mercedes-benz/
https://m.merdeka.com/mercedes-benz/profil/#

0 Comments

Post a Comment